Rencana Strategis

Rencana Strategis

Rencana Strategis (Renstra) Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) disusun berdasarkan amanat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang berisi tentang Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Kebijakan, Program, dan Kegiatan Setjen Wantannas sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Keseluruhannya merujuk pada UU Nomor 17/2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 2005-2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, yang akan menjadi pegangan bagi Setjen Wantannas untuk menjabarkan amanat yang terkandung di dalam kedua dokumen diatas, disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi, dinamika kehidupan nasional, kemampuan sumber daya pendukung Setjen Wantannas dan arahan Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Nasional.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, mewajibkan setiap pimpinan Kementerian/Lembaga menyusun Rencana Strategis Kementerian/Lembaga (Renstra K/L) sesuai dengan tugas dan fungsinya dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Dengan telah diterbitkannya Peraturan Presiden R.I. Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019, menjadi pedoman dalam penyusunan Renstra Setjen Wantannas tahun 2015-2019. Renstra Setjen Wantannas Tahun 2015-2019 adalah panduan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Setjen Wantannas untuk 5 (lima) tahun ke depan.

Disusun antara lain berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan Renstra Setjen Wantannas periode 2010-2014, analisa dinamika terhadap dinamika lingkungan strategis baik global, regional maupun nasional. Mengingat hal tersebut, maka semua unit kerja, pimpinan dan staf Setjen Wantannas harus melaksanakannya dengan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik (good governance) dan senantiasa berorientasi pada peningkatan kinerja. Untuk menjamin keberhasilan pelaksanaannya dan mewujudkan Visi Renstra Setjen Wantannas periode 2015-2019 yaitu ”Menjadi lembaga perumus kebijakan dan strategi yang kredibel, akseptabel dan komprehensif dalam rangka ketahanan nasional” yang harus di evaluasi setiap tahun dengan memperhatikan kebutuhan dan perubahan lingkungan strategis, untuk dilakukan perubahan/revisi muatan Renstra termasuk indikator-indikator kinerjanya.

Revisi dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku dan tanpa mengubah tujuan Setjen Wantannas periode 2015-2019 yaitu terbangunnya sistem keamanan nasional yang terintegrasi guna merehabilitasi akibat dari resiko pembangunan dan ancaman terhadap kedaulatan dalam rangka pembinaan ketahanan nasional dan keselamatan bangsa dan negara, serta terwujudnya kapasitas kelembagaan Setjen Wantannas yang efektif dan efisien.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 121
  • Kemarin 214
  • Minggu 1209
  • Bulan 3250
  • Semua 76802
Saat ini ada 99 pengunjung website