Tugas dan Fungsi

Peran, tugas dan fungsi Setjen Wantannas adalah berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 101 Tahun 1999 tanggal 31 Agustus 1999 tentang Dewan Ketahanan Nasional dan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. Setjen Wantanas adalah Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK) yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden selaku Ketua Wantannas, dan berperan dalam pembinaan ketahanan nasional untuk menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia. Dalam menjalankan peran tersebut, Setjen Wantannas mempunyai tugas merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional.

Dalam menyelenggarakan tugas, Setjen Wantannas mempunyai fungsi sebagai berikut:

(1) Perumusan rancangan ketetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional;

(2) Perumusan rancangan ketetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan, persatuan-kesatuan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara;

(3) Penyusunan perkiraan risiko pembangunan nasional yang dihadapi dalam kurun waktu tertentu dan rancangan ketetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka merehabilitasi akibat risiko pembangunan.

Dilihat dari fungsinya, Setjen Wantannas dalam menjalankan tugas utamanya secara garis besar memiliki 3 inti kegiatan atau pilar lembaga Setjen Wantannas, yaitu:

(1) Menetapkan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan,

(2) Menyusun perkiraan risiko pembangunan nasional yang dihadapi dalam kurun waktu tertentu dan

(3) Menetapkan ketetapan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka merehabilitasi akibat risiko pembangunan.

Tugas dan fungsi tersebut melekat pada “Ke-Setjenan”Dewan Ketahanan Nasional sebagai lembaga yang sangat strategis dalam hal menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan. Dengan Luas wilayah darat Indonesia yang mencapai 1.922.570 km² merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan bangsa. Hal ini menjadikan tugas Setjen Dewan Ketahanan Nasional sebagai tantangan dalam merumuskan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional dan menetapkan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan, persatuan-kesatuan dan kelangsungan hidup bangsa dan Negara serta perkiraan risiko pembangunan nasional yang akan dihadapi dalam kurun waktu tertentu dan kebijakan dan strategi merehabilitasi akibat risiko pembangunan tersebut.

Setjen Wantannas melakukan fungsi pembinaan ketahanan nasional secara komprehensif. Mengingat wilayah negara berbentuk kepulauan yang tentu saja terdapat banyak pintu masuk bagi berbagai ancaman terhadap kedaulatan bangsa Indonesia, menjadi tantangan tersendiri bagi Setjen Wantannas untuk melakukan revitalisasi tehadap kinerjanya dalam menyiapkan kebijakan strategis untuk menjaga keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan, persatuan kesatuan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 131
  • Kemarin 166
  • Minggu 1717
  • Bulan 5327
  • Semua 65472
Saat ini ada 121 pengunjung website