Selamat Datang di PPID Setjen Wantannas

 

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Informasi mempunyai kekuatan vital dalam segala aspek kehidupan demikian juga organisasi. Sebagai wujud komitmen dalam penerapan good governance yang memerlukan transparansi, akuntabilitas, partisipasi, pemerintah mendukung adanya keterbukaan informasi bagi publik. Untuk membuka akses informasi bagi masyarakat dalam memperoleh informasi-informasi yang berakibat pada kepentingan publik, pemerintah menerbitkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

 

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Sekretaris Jenderal Wantannas Nomor 41A/SK/V/2010 tentang Tata Cara Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional serta Keputusan Sekretaris Jenderal Wantannas Nomor 59 tahun 2019 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

 

Visi PPID Setjen Wantannas :

Terwujudnya layanan informasi publik yang unggul, profesional, transparan, dan akuntabel sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

Misi PPID Setjen Wantannas :

  1. Meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi publik;
  2. Meningkatkan sistem dan kualitas SDM di bidang pelayanan informasi publik;
  3. Meningkatan sarana-prasarana dalam rangka efisiensi dan efektivitas pelayanan informasi publik;
  4. Meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi publik.

 

PPID Setjen Wantannas mempunyai tugas :

  1. Merencanakan, mengorganisaksikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan layanan informasi publik di lingkungan Setjen Wantannas , dan
  2. Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait di bidang layanan, pengelolaan informasi publik, dokumentasi dan arsip, dan pengaduan dan penyelesaian sengketa.

 

PPID Setjen Wantannas memiliki fungsi :

  1. Penghimpunan, penataan, dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari seluruh unit kerja di lingkungan Setjen Wantannas;
  2. Menetapkan klasifikasi informasi publik;
  3. Menetapkan prosedur operasional penyebarluasan informasi publik;
  4. Memberikan layanan informasi publik yang cepat, tepat, dan sederhana yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 




html templates