Jangan Mewarisi Abu Sumpah Pemuda, Tapi Warisilah Apinya
31/10/2017
Jangan Mewarisi Abu Sumpah Pemuda, Tapi Warisilah Apinya

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama membacakan Naskah Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga dengan tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu””.

Dalam naskah pidato tersebut, Menpora mengingatkan tentang sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Ikrar yang 89 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yaitu Indonesia.

“Dari belahan barat Indonesia terdapat nama Mohammad Yamin. Seorang Pemuda kelahiran Sawah Lunto, Sumatera Barat yang mewakili organisasi pemuda Sumatera. Jong Sumatranen Bond. Dari belahan timur Indonesia kita menemukan pemuda bernama Johannes Leimena, kelahiran Kota Ambon, Maluku, mewakili organisasi pemuda Jong Ambon. Ada juga Katjasungkana dari Madura, ada juga Cornelis Lefrand Senduk, mewakili organisasi Pemuda Sulawesi, Jong Celebes” papar Inspektur Upacara membacakan pidato Menpora.

Lebih lanjut dalam Pidato tersebut dikatakan : “Bukan hanya bertemu, tapi mereka juga berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya bersepakat mengingatkan diri dalam komitmen ke-Indonesiaan”.

Pada sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan: “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda”. Pesan itu berarti sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Dengan api sumpah pemuda yang terus menyala, berarti harus ada keberanian melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain pejabat dan pegawai di lingkungan Kemensetneg dan Sekretariat Kabinet, upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda juga diikuti oleh perwakilan pegawai dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kantor Staf Presiden, Dewan Pertimbangan Presiden, dan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 121
  • Kemarin 214
  • Minggu 1209
  • Bulan 3250
  • Semua 76802
Saat ini ada 99 pengunjung website