Simposium Modernisasi Sistem Pengadaan Nasional
27/07/2017
Simposium Modernisasi Sistem Pengadaan Nasional

Hingga semester pertama tahun 2017, transaksi pengadaan elektronik pemerintah tercatat sudah mencapai lebih dari 295 triliun, dengan nilai transaksi e-tendering lebih dari 270 triliun dan e-purchasing senilai lebih dari 25 triliun. Dengan adanya integrasi ekosistem pengadaan yang ideal, maka transparansi dan akuntabilitas dari sistem pengadaan dapat lebih ditingkatkan. Demikian disampaikan Kepala LKPP Agus Prabowo dalam sambutannya didepan sekitar 700 peserta perwakilan LPSE Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah pada acara Simposium Modernisasi Sistem Pengadaan Nasional yang dihelat di Hotel Tentrem, DI Yogyakarta pada tanggal 25 - 26 Juli 2017.

Simposium yang mengangkat tema Mantapkan Peran Integrasi Sistem Pengadaan yang Transparan dan Akuntabel dalam rangka Modernisasi Pengadaan untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas tersebut merupakan upaya integrasi yang akan memudahkan dalam proses pemantauan dan evaluasi pengadaan, dimana data anggaran dan data pengadaan dapat dipantau secara aktual dan akurat.

Selain Kepala LKPP, hadir juga memberikan sambutan Gubernur DI Yogyakarta yang diwakili oleh Plt Sekda DI Yogyakarta, Drs. Sulistyo, SH, CN serta Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. Plt Sekda DI Yogyakarta menyampaikan bahwa pengadaan elektronik saat ini merupakan sebuah spirit transformasi pengadaan yang terintegrasi, cepat, murah, dan berkualitas dengan tetap mengedepankan aspek transparansi dan akuntabilitas untuk mendukung pelayanan prima bagi masyarakat.

Adapun hadirnya Duta Besar Amerika untuk Indonesia merupakan hasil kerjasama Antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat melalui Millenium Challenge Corporation untuk mengintegrasikan sistem pengadaan melalui Procurement Management Information System.

Pada kegiatan Pra Rakernas tersebut, Ketua Tim LPSE, Letkol Chb. Asep Rudiantono,SE beserta staf hadir sebagai upaya penguatan Tim LPSE dalam meningkatkan kapabilitas dan menjalin silaturahmi dengan Unit LPSE lainnya di berbagai K/L dan daerah. Kegiatan simposium ini juga menjadi wadah dinamika proses pengadaan yang konstruktif dengan beberapa terobosan strategis untuk mengakomodasi tuntutan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang kian pesat.

Pengadaan elektronik saat ini merupakan sebuah spirit transformasi pengadaan yang terintegrasi, cepat, murah, dan berkualitas dengan tetap mengedepankan aspek transparansi dan akuntabilitas untuk mendukung pelayanan prima bagi masyarakat. Salah satu yang menjadi penekanan dalam kegiatan Simposium adalah mengenai pelelangan melalui portal katalog nasional (e-katalog). E-Katalog dinilai merupakan sebuah terobosan penting dalam dinamika pengadaan barang/jasa pemerintah yang dinilai cepat, mudah, transparan dan akuntabel.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 131
  • Kemarin 166
  • Minggu 1717
  • Bulan 5327
  • Semua 65472
Saat ini ada 121 pengunjung website