Sesjen Wantannas Tandatangani MoU Bersama Rektor IPB
08/06/2018
Sesjen Wantannas Tandatangani MoU Bersama Rektor IPB

Pada Jum’at, 08 Juni 2018, Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen TNI Doni Monardo dan Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M.Si menandatangani nota kesepahaman atau MoU antara Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia dengan Institut Pertanian Bogor yang berlangsung di Meeting Room lPB Convention Center (IPBCC) Botani Square Kampus IPB Baranangsiang Bogor.

Kesepakatan bersama ini dilakukan untuk lebih memudahkan kerjasama antara Wantannas dan IPB khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang akan disusun secara teknis nantinya. 

Dalam pertemuan tersebut Sesjen Wantannas didampingi oleh para Deputi, Staf Ahli, dan Kepala Biro. Sementara itu, hadir  juga para pejabat IPB diantaranya Wakil Rektor IPB Seketaris Institut  Kepala LPPM,  Kepala LPI, Dekan Fakultas Sekolah Pasca sarjana/Sekolah Bisnis,Sekretaris LPPM, Wakil Kepala LPPM Bidang Penelitian, Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat dan Bidang kajian Strategis, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni, KasuMit Kerjasama - Dit.KI LA, Kepala Bidang Kajian Strategis LPPM, Kepala Bidang Publikasi.

Dalam sambutannya rektor IPB menyambut baik kerjasama yang dilakukan oleh Wantannas dan IPB ini. Ia menyebutkan kerjasama ini sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan ketahanan nasional.

“Ketahanan nasional ini harus ditopang dengan ketahanan politik, ketahanan sosial, dan juga ketahanan ekologis. Ketahanan ekologis ini juga merupakan satu hal yang sangat penting sekali karena tanpa ketahanan lingkungan, ekonomi juga akan sulit untuk tumbuh maka dengan kerjasama ini diharapkan bisa mengkombinasikan lingkungan dan ekonomi supaya dua-duanya mencapai sustainable ability yang ideal” ujarnya.

IPB juga siap berkolaborasi dengan Wantannas untuk program reforestasi yang saat ini sedang dikerjakan oleh Wantannas. Ia menyatakan bahwa saat ini yang dibutuhkan oleh bangsa ini adalah bukan hanya sekedar kajian-kajian, namun yang dibutuhkan adalah Research Actionyakni penelitian yang bisa langsung diaplikasikan di lapangan.

Sementara itu sesjen wantannas Letjen TNI Doni Monardo dalam sambutannya menyambut baik kesiapan IPB untuk berkolaborasi dengan program-program yang sedang dikerjakan Wantannas. Ia mengaku siap menerima masukan-masukan dan kajian yang telah IPB lakukan.

Sesjen juga mengatakan bahwa alangkah hebatnya Indonesia jika semua perguruan tingginya memiliki kemampuan seperti IPB. Sehingga perlu kita kembangkan bagaimana IPB ini bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Jika IPB bisa menempatkan sebuah sistem di seluruh perguruan tinggi di daerah-daerah di Indonesia sesuai dengan keunggulannya masing-masing maka tujuan berbangsa dan bernegara indonesia yang berdaulat adil dan makmur, tentu akan menjadi kenyataan.

Masih dalam paparannya, Sesjen Wantannas mencontohkan negara-negara di skandinavia seperti Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia, yang menjadi negara sejahtera dan tidak pernah keluar dari 10 besar negara dengan tingkat kesejahteraan tertinggi di dunia. Salah satu produk andalan mereka adalah produk-produk kehutanan, hampir 100 Miliar USD mereka hasilkan dari produk kehutanan ini.

Sesjen membayangkan Indonesia dengan hutan yang luas kalau dikelola dan dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang benar, maka devisa negara bisa tertutupi hanya dengan hasil kehutanan. Sesjen juga mencontohkan beberapa bidang lainnya seperti perikanan, pertanian dan lainnya yang berpotensi besar menjadi penghasil devisa apabila dikelola dengan serius serta memakai ilmu pengetahuan yang benar dalam mengelolanya.

Di akhir acara, sesjen dan seluruh peserta yang hadir menyempatkan diri untuk berfoto bersama di aula  Meeting Room lPB Convention Center.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Doni Monardo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Doni Monardo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 145
  • Kemarin 121
  • Minggu 602
  • Bulan 2826
  • Semua 115306
Saat ini ada 145 pengunjung website