Sesjen Wantannas Lakukan Audiensi Dengan Gubernur Lemhannas
13/04/2018
Sesjen Wantannas Lakukan Audiensi Dengan Gubernur Lemhannas

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Mayjen TNI Doni Monardo berkesempatan melakukan audiensi dengan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di Kantor Lemhannas Jalan Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta Pusat, pada Jumat (13/04/2018). Dalam kesempatan tersebut Sesjen Wantannas didampingi oleh para Deputi, Sahli, dan para Kepala Biro.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu jam tersebut, Sesjen Wantannas menyampaikan berbagai persoalan terkait isu-isu terkini yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Sesjen juga menyampaikan tentang program Bela Negara yang saat ini modulnya sedang disusun oleh Wantannas. Saat ini Wantannas sedang mengumpulkan berbagai macam spektrum ancaman yang berpotensi merongrong kewibawaan negara, oleh karena itu Sesjen berharap agar Lemhannas bisa memberikan saran dan masukan terkait hal tersebut.

Wantannas saat ini sedang mencari formula yang pas untuk membuat modul Bela Negara yang bisa segera digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Dalam penyusunan modul ini, Wantannas ingin menghilangkan kesan militeristik tentang Bela Negara. Hal ini karena banyaknya persepsi masyarakat yang selalu antipati terhadap hal-hal yang berbau militer.

Sesjen Juga menyampaikan bahwa saat ini Wantannas sedang membangun komunikasi dengan staf kepresidenan agar kajian-kajian Wantannas yang dihasilkan bisa segera langsung bisa diterima oleh presiden dan bisa segera diambil tindak lanjut dari kajian tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyampaikan beberapa pendapatnya. Ia menyambut baik rencana Wantannas yang ingin bekerja sama dalam hal kajian dengan lembaga yang dipimpinnya. Ia pun mempersilakan Wantannas untuk menggunakan Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional (Labkurtannas) yang ada di sistem aplikasi milik lembaganya.

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo juga menyampaikan beberapa pandangan terkait Bela Negara. Dari berbagai pengalamannya selama bertugas di luar negeri dan kunjungan kerja ke berbagai negara di dunia, dirinya mencontohkan bahwa Bela Negara merupakan suatu kegiatan yang bisa dimulai dari hal-hal kecil dan sedari usia dini sudah mulai ditanamkan kesadaran tentang cinta tanah air. Ia melihat di negara seperti Amerika Serikat saja, setiap kegiatan keramain seperti parade, atau kejuaraan olahraga selalu menampilkan simbol-simbol dan lambang negara.

“Indonesia masih punya satu kegiatan yang mencakup usia dini sampai remaja yang berasaskan cinta tanah air yaitu kegiatan Pramuka. Kegiatan ini sangat bagus untuk didorong dan dikembangkan kembali untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan anak usia dini dan remaja, karena saat ini banyak generasi muda Indonesia yang mulai terpapar ideologi yang jauh dari asas Pancasila”.

Mengakhiri pertemuannya, Sesjen mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kerjasama dari Gubernur Lemhannas dan menginginkan agar komunikasi diantara kedua lembaga bisa lebih dipererat untuk mendukung kinerja Presiden agar lebih maksimal.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Mayjen TNI Doni Monardo
Sesjen Wantannas
Mayjen TNI Doni Monardo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 118
  • Kemarin 104
  • Minggu 1177
  • Bulan 4070
  • Semua 105389
Saat ini ada 113 pengunjung website