Ketua DPR RI Menerima Sesjen Wantannas
12/04/2018
Ketua DPR RI Menerima Sesjen Wantannas

Sesjen Wantannas Mayjen TNI Doni Monardo beserta jajarannya mengadakan Pertemuan bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Kamis (12/04/2018). Pertemuan yang lebih bisa dikatakan sebagai forum silaturahim ini diselenggarakan di Ruang Rapat Ketua DPR RI.

Sebagai pembuka acara Mayjen TNI Doni Monardo terlebih dulu memperkenalkan secara singkat organisasi Wantannas dan Setjen Wantannas berikut para Pejabat Eselon I dan II yang ikut hadir pada acara tersebut. Sekilas  juga dijelaskan perihal tugas baru Wantannas dalam hal pembinaan bela negara. “Wantannas mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk menyelenggarakan bela negara. Kami sudah melakukan koordinasi ke beberapa instansi seperti Setkab dan Kemen PAN dan RB. Kalau arahan dari Setkab, kami diminta untuk menyiapkan blue print konsep bela negara. Lebih daripada itu, kita malah sudah menyiapkan modul-modul yang menjadi referensi pembinaan bela negara,” ujar Sesjen.

Sesjen melanjutkan, gagasan bela negara ini nantinya juga akan dikemas dalam bentuk sineas yang akan melibatkan tokoh-tokoh pada lingkup sineas seperti sutradara film ternama. Dipilihnya konsep ini dengan tujuan memberikan literasi yang bersifat lebih kepada edukasi dan informatif kepada masyarakat, bahwa bela negara bukan identik dengan kekerasan atau angkat senjata. Membuat suatu karya seni yang baik atau memajukan sineas Indonesia juga termasuk dalam upaya bela negara.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, perlu adanya garis besar atau patokan terhadap bela negara. “Harus ada garis besar bela negaranya, sehingga pada saat dikampanyekan pada masyarakat, mereka betul-betul paham dan nantinya menjadikan peran Wantannas akan lebih besar lagi,” kata Bambang. Namun, Bambang mengingatkan dalam penyusunan garis besar tersebut agar tidak melupakan nilai-nilai kedaerahan.

Lebih lanjut Ketua DPR RI menyampaikan, Setjen Wantannas harus bisa membuka diri terhadap tugas dan fungsinya kepada masyarakat. Mengenai bela negara, ia mengamati khususnya pada bidang perfilman. Ia mencontohkan bagaimana negara Amerika Serikat yang terkenal dengan negara adi daya dan adi kuasa, ternyata memiliki semacam aturan untuk selalu menampilkan bendera negaranya di setiap film yang mereka produksi. Apapun genre dari film tersebut. Namun, hal tersebut belum pernah terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, jadikan Ini sebagai tantangan dan tugas kita untuk mendorong para seniman pembuat film agar mau menonjolkan merah putih bangsanya yang dalam hal ini diartikan dengan rasa kebangsaan.

Pada saat bersamaan Deputi Bidang Jiandra Laksda TNI Teguh Prihantono, S.Sos dan Sahli Bid. Hankam Mayjen TNI Toto Siswanto, S.IP, MM turut menyampaikan ‘uneg-uneg’ terkait dengan output dari tugas dan fungsi Setjen Wantannas. Intinya, para petinggi Wantannas ini ingin agar output yang dimanifestasikan dalam bentuk kajian, dapat di share dan ditindaklanjuti, karena kajian tersebut berisikan saran tindak kepada Presiden RI terhadap suatu permasalahan. Adapun proses ‘lahirnya’ kajian-kajian ini tidak semudah yang dibayangkan. Akan tetapi, dengan melibatkan mitra-mitra seperti Kementerian atau Lembaga, LSM, Akademisi dan tokoh-tokoh yang membidangi Ipoleksosbudhankam.

Sebagai penutup, Mayjen TNI Doni Monardo menyampaikan, rencana Setjen Wantannas untuk mengadakan Sarasehan Nasional pada bulan Juli nanti dengan mengangkat tema konflik di Maluku. Doni menjelaskan alasan pemilihan tema ini, yaitu wilayah Maluku yang sampai saat ini tidak henti-hentinya berkonflik, namun dapat diredakan bukan dengan angkat senjata, perdamaian di Maluku tercipta melalui berbagai pendekatan mulai dari pendekatan diplomasi, religi hingga pendekatan kemanusiaan.

Pertemuan singkat ini diakhiri dengan pernyataan Sesjen Wantannas yang beranggapan, kegiatan Sarasehan Nasional ini merupakan bagian dari bela negara yang belum terekspos.

 

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Mayjen TNI Doni Monardo
Sesjen Wantannas
Mayjen TNI Doni Monardo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 118
  • Kemarin 104
  • Minggu 1177
  • Bulan 4070
  • Semua 105389
Saat ini ada 113 pengunjung website