Entry Meeting BPK dalam rangka Pemeriksaan Laporan Keuangan Setjen Wantannas
05/02/2018
Entry Meeting BPK dalam rangka Pemeriksaan Laporan Keuangan Setjen Wantannas

Senin, 5 Februari 2018 bertempat di Ruang NKRI, Lantai 5, Kantor Setjen Wantannas diselenggarakan kegiatan Entry Meeting antara Setjen Wantannas dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 WIB tersebut turut dihadiri oleh para Deputi, Staf Ahli, Para Kepala Biro, PPK dan pegawai lainnya.

Deputi Pengkajian dan Penginderaan, Laksda TNI Teguh Prihantono, S.Sos yang mewakili Sesjen Wantanas pada pertemuan tersebut menyampaikan Selamat Datang kepada BPK sekaligus memperkenalkan diri. Kedatangan BPK ke Setjen Wantannas dalam rangka menjalankan tugas dalam memeriksa Laporan Keuangan merupakan suatu kewajiban dan perlu disambut dengan baik.

Sementara itu sesuai dengan Surat Tugas Nomor 21/ST/III-XIV/01/2018 tanggal 31 Januari 2018, Tim BPK RI akan memulai kegiatan pemeriksaan Laporan Keuangan Setjen Wantannas selama 40 hari kedepan. Hal tersebut disampaikan Edy Witono, SE, MM, A.k selaku Wakil Penanggungjawab I. Pemeriksaan dilakukan atas Laporan Keuangan Wantannas Tahun 2017 yang terdiri atas Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

Lebih lanjut Edy Witono menyampaikan bahwa pemeriksaan Laporan Keuangan Wantanas Tahun 2017 bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian Laporan Keuangan dengan memperhatikan: 1) Kesesuaian LK Wantanas dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP); 2) Kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan sesuai SAP; 3) Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait dengan pelaporan keuangan; 4) Efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Masih pada kesempatan yang sama, Edy Witono menjelaskan bahwa opini atas kewajaran LK diberikan dengan kriteria yaitu: 1) Penilaian efektivitas SPI atas transaksi dan penyajian saldo akun; 2) Pengujian substansif atas transaksi dan saldo akun; 3) Pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan sebelumnya; dan 4) Penilaian kepatuhan atas ketentuan perundang-undangan.

 

 

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Doni Monardo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Doni Monardo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 35
  • Kemarin 213
  • Minggu 248
  • Bulan 3749
  • Semua 110594
Saat ini ada 214 pengunjung website