Prediksi isu strategis 2019 mulai disusun
26/01/2018
Prediksi isu strategis 2019 mulai disusun

Deputi Pengkajian dan Penginderaan, Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) menyelenggarakan rapat koordinasi membahas isu-isu strategis yang diprediksi bakal mempengaruhi kehidupan nasional pada tahun 2019 bertempat di Ruang Simulation and Training, Kantor Setjen Wantannas, Jl. Ir. H. Djuanda No. 36, Jakarta Pusat, Rabu (24/01). Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Brigjen TNI Mundasir, S.IP, MM, NDC, Pembantu Deputi Lingkungan Strategis Regional dihadiri beberapa perwakilan K/L diantaranya Dr. Akbar Ali, M.Si, dari Kemendagri, Dr. Tugiman, SH, M.Si (BIN), Laksma TNI Anwar Saadi (Bais TNI), Kombes Pol Drs. Yadi Suryadinata. M.SI (Baintelkam Polri), dan Edy Birton (Jamintel Kejagung).

Prediksi isu-isu strategis menjadi langkah awal untuk menyusun naskah Perkiraan Strategis Nasional (Kirstranas) tahun 2019 yang akan dibahas lebih dalam dalam Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) pada awal Februari 2018 mendatang. Pelaksanaan pembangunan nasional saat ini tidak terlepas dari dinamika dan pengaruh lingkungan strategis baik itu pada tataran global/internasional, regional maupun nasional, jelas Mundasir. Dinamika perubangan lingkungan strategis menjadi dasar memperkirakan/ memprediksi isu-isu strategis, imbuhnya.

Kirstranas merupakan dokumen yang disusun secara periodik setiap tahun yang berisi perkiraan isu-isu strategis yang berdampak terhadap kehidupan nasional setahun yang akan datang. Selain analisis dampak terhadap kehidupan nasional yang meliputi aspek politik, hukum, pertahanan-keamanan, ekonomi dan sosial budaya, dalam Kirstranas juga diinventarisir lingkungan strategis, baik yang memberikan implikasi positif (peluang) maupun negatif (kendala) bagi pencapaian tujuan pembangunan nasional.

Prediksi isu-isu strategis tahun 2019 mempertimbangkan kondisi dan situasi kehidupan nasional yang dinamika perkembangan cenderung semakin menguat pada tahun 2018 dan pada akhirnya menjadi urgen untuk diantisipasi pada tahun 2019. Salah satunya adalah kondisi pasca pelaksanaan pilkada serentak yang dilakukan di 171 daerah pada tahun 2018 diperkirakan mempengaruhi kondisi dan situasi pelaksanaan Pileg dan Pilpres pada tahun 2019, jelas Mundasir.

Dalam menyikapi hal tersebut, perlu disiapkan informasi terkini dan memperkirakan situasi dan kondisi yang akurat dan mutakhir hingga akhir tahun 2018 dan prediksi tahun 2019 melalui proses pengkajian lingkungan strategis yang cermat, mendalam dan menyeluruh yang dituangkan dalam dokumen Perkiraan Strategis Nasional (Kirstranas) tahun 2019.  Kirstranas pada hakekatnya merupakan dokumen yang memuat gambaran tentang kecenderungan perkembangan kondisi kehidupan nasional aspek Ideologi-Politik, Hukum, Pertahanan-Keamanan, Ekonomi, dan Sosial Budaya tahun 2018 yang berpeluang (diperkirakan) berpengaruhi terhadap kondisi kehidupan nasional tahun 2019.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Doni Monardo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Doni Monardo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 36
  • Kemarin 213
  • Minggu 249
  • Bulan 3750
  • Semua 110595
Saat ini ada 215 pengunjung website