Sesjen Wantannas Sampaikan Tolok Ukur Ketahanan Nasional
09/01/2018
Sesjen Wantannas Sampaikan Tolok Ukur Ketahanan Nasional

Senin, 8 Januari 2018, Sesjen Wantannas Letjen TNI (Purn) Nugroho Widyotomo menyampaikan arahan yang pertama kali di tahun 2018. Pada kegiatan Jam Pimpinan tersebut Sesjen menerangkan mengenai tolok ukur Ketahanan Nasional meliputi ide dasar, latar belakang dan tujuan. Masih pada kesempatan yang sama Sesjen juga menyampaikan tentang Konsep Ketahanan Nasional meliputi pengertian, konsepsi, hakekat dan azas.

Pada kegiatan tersebut Sesjen menyampaikan bahwa salah satu program unggulan dari Institusi Lemhannas adalah Laboratorium pengukuran Ketahanan Nasional (labkurtannas). Latar belakang Labkurtannas adalah kondisi ketahanan nasional yang masih perlu ditingkatkan dan dinamika lingkungan strategis yang sangat cepat dan cenderung turbulensi. Selanjutnya juga belum ada early warning system yang memadai sehingga antisipasi sering terlambat. Labkurtannas dinilai perlu sebagai early warning system yang akurat untuk pengambilan keputusan.

Asas-asas pengukuran ketahanan nasional meliputi pendekatan sistem, keterpaduan/incorporated, daya saing/competitiveness, lintas sektor dan lintas disiplin, profesionalisme, manfaat dan teknologi tinggi. Adapun proses pengukuran ketahanan nasional meliputi sistem pengukuran, model pengukuran, model keterkaitan, dan analisis  dewan pakar. Output yang diharapkan adalah ketahanan masing-masing Gatra, keterkaitan antar gatra, ketahanan nasional di daerah, Ketahanan Nasional dan Rekomendasi  Kebijakan untuk Presiden dan Kepala Daerah.

Pada kesempatan tersebut, Sesjen menilai bahwa pembinaan SDM merupakan suatu kegiatan yang perlu dilakukan secara terus menerus. Sehubungan dengan tupoksi Setjen Wantannas dalam melakukan perumusan kebijakan ketahanan nasional, maka dinilai perlu untuk mengasah kembali SDM Setjen Wantannas dalam merumuskan kajian dan kebijakan mengenai ketahanan nasional dari pakar/narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Doni Monardo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Doni Monardo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 145
  • Kemarin 121
  • Minggu 602
  • Bulan 2826
  • Semua 115306
Saat ini ada 145 pengunjung website