Setjen Wantannas Raih Peringkat ke-VI Penghargaan Keterbukaan Infomasi Publik Tahun 2017
27/12/2017
Setjen Wantannas Raih Peringkat ke-VI Penghargaan Keterbukaan Infomasi Publik Tahun 2017

Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) diwakili oleh Kepala Biro Persidangan, Sistem Informasi dan Pengawasan Internal selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Brigjen TNI Isaac Marcus P, meraih peringkat ke-VI untuk kategori Lembaga Non Struktural dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI). Pemeringkatan tersebut hanya diberikan kepada 10 Badan Publik dari setiap kategori yang berasal dari Kementerian, Lembaga, BUMN dan Perguruan Tinggi.

Penganugerahan pemeringkatan ini disampaikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, pada Kamis (21/12/2017). Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara dan Ketua Komisi Informasi Pusat Tulus Subardjono.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla mengatakan, pemeringkatan bagi Kementerian atau Lembaga yang masuk 10 besar peringkat Keterbukaan Informasi ini karena adanya keterbukaan dalam memberikan informasi yang akurat, tepat, dan berguna bagi masyarakat. Dengan demikian, Kementerian maupun Lembaga tersebut dianggap sudah berperan besar meningkatkan partisipasi masyarakat.

Sebuah prestasi yang patut dibanggakan, dimana pada 2016 Setjen Wantannas tidak masuk dalam 10 besar. Peringkat Keterbukaan Informasi yang diraih ini juga membuktikan kinerja Setjen Wantannas yang juga berhasil melakukan perubahan di segala hal.

Perlu diketahui, KIP RI melakukan pemeringkatan Keterbukaan Informasi berdasarkan tiga variabel penilaian yaitu Self Assessment Questinnaire (SAQ), Visitasi Lanjutan Acak (VLA) dan Visitasi. Setelah melalui tahapan pertama lolos SAQ. Kemudian masuk tahapan Visitasi Lanjutan Acak (VLA) dengan menghasilkan berbagai variabel penilaian.

Selanjutnya, dari 10 kementerian/lembaga yang lolos tahapan VLA dilakukan tahapan visitasi. Tahapan visitasi di lingkungan Setjen Wantannas telah dilaksanakan pada Kamis (30/11/2017). Adapun Lembaga Non Struktural yang mendapat peringkat sepuluh besar sebagai berikut: Peringkat Pertama Komisi Pemilihan Umum (KPU); Peringkat Kedua Badan Pengusahaan Batam (BP Batam); Perinkat Ketiga Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK); Peringkat Keempat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu); Peringkat Kelima Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura; Peringkat Keenam Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas); Peringkat Ketujuh Ombudsman RI, Peringkat Kedelapan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban; Peringkat Kesembilan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas); dan Peringkat Kesepuluh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Doni Monardo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Doni Monardo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 145
  • Kemarin 121
  • Minggu 602
  • Bulan 2826
  • Semua 115306
Saat ini ada 145 pengunjung website