Perlu Memaksimalkan Peran Agent of Change sebagai Penggerak Perubahan
12/12/2017
Perlu Memaksimalkan Peran Agent of Change sebagai Penggerak Perubahan

Senin, 11 Desember 2017, diselenggarakan kegiatan Exit Meeting dengan Tim Kementerian PAN dan RB membahas mengenai hasil sementara Evaluasi SAKIP dan RB di lingkungan Setjen Wantannas.  Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pengetahuan dan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kemen PAN dan RB, Ronald Andreas Anas, Ak.

Pada kesempatan tersebut, Ronald menyampaikan beberapa hasil assessment yang telah dilakukan Tim Kemen PAN dan RB terhadap progress pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Setjen Wantannas. Ronald memaparkan beberapa saran dan rekomendasi agar pelaksanaan reformasi birokrasi menjadi lebih baik.

Pada area Manajemen Perubahan Setjen Wantannas telah menyusun Road Map dan telah menunjuk agent of change di unit kerja namun perlu memaksimalkan peran agent of change sebagai penggerak perubahan dilingkungannya dan melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi terutama dalam kaitannya dengan pengisian PMPRB online.

Sementara itu untuk area Peraturan Perundang-undangan Setjen Wantannas sudah melakukan proses identifikasi dan pemetaan terhadap keselarasan Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan organisasinya. Rekomendasinya adalah perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap proses pengendalian dan penyusunan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya pada tataran Penataan dan Penguatan Organisasi perlu melanjutkan proses penataan kelembagaan agar dapat sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku serta perlu melakukan evaluasi efektivitas dan efisiensi organisasi dalam menghasilkan kinerja.

Pada kesempatan tersebut, Ronald juga menyampaikan hasil survey eksternal tentang hasil indeks persepsi pelayanan publik dan indeks persepsi korupsi. Untuk indeks persepsi pelayanan publik Setjen Wantannas mendapatkan nilai 3,35, nilai ini berada sedikit diatas nilai rata-rata Kementerian/Lembaga yang mempunyai nilai 3,34.

Brigjen TNI Bernard A Silitonga sebagai Kepala Biro Perencanaan, Organisasi dan Keuangan yang mendampingi kegiatan tersebut merespon positif atas beberapa rekomendasi yang disampaikan. Beliau menyampaikan bahwa rekomendasi tersebut harus menjadi perhatian semua pihak agar Setjen Wantannas kedepan semakin kompeten, semakin melayani, semakin ber-integeritas dan semakin efektif serta efisien.

Setjen Wantannas
Ketua Wantannas
Ir. H. Joko Widodo
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Sesjen Wantannas
Letjen TNI Nugroho Widyotomo
Statistik Pengunjung

  • Hari ini 125
  • Kemarin 164
  • Minggu 713
  • Bulan 2651
  • Semua 84613
Saat ini ada 165 pengunjung website